+62 811-1144-881 info@doktergigikeluarga.com

Perawatan gigi ibu hamil

Perawatan gigi sebelum dan selama hamil sangat penting. Perawatan tak hanya penting untuk ibu, tapi juga untuk janin.

Sakit gigi selagi hamil tentu tak enak. Bukan hanya rasa sakit yang akan mengganggu kenyamanan selama hamil. Penanganan akan jadi lebih rumit, sebab ada beberapa bahan penambal gigi yang harus dihindari ibu hamil. Selain itu, bakteri gigi dan mulut akibat kesehatan mulut ibu hamil yang kurang terawat bisa mengancam keselamatan janin di masa awal kehamilan.

Agar hal-hal tersebut tak terjadi, tidak ada jalan lain,
1. rajin merawat gigi. Perawatan gigi paling dasar dan wajib adalah menggosok gigi habis makan, paling tidak 2–3 kali sehari.
2. Lalu melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan ke dokter gigi selagi hamil.

Perubahan hormon selama hamil berpengaruh besar terhadap kesehatan mulut dan gigi. Tidak jarang ada ibu hamil mengalami pembengkakan gusi sehingga gampang berdarah. Masalah lain, morning sickness yang kerap dialami di awal kehamilan turut berperan dalam menaikkan derajat keasaman mulut yang berujung pada gigi berlubang. Walau kerap terasa mual, sebaiknya tetap bersihkan gigi secara rutin di trimester pertama ini.

Beberapa hal perlu dilakukan untuk merawat gigi selama masa kehamilan, diantaranya:

1.Gunakan pasta gigi yang membuat mulut segar agar Anda tidak merasa mual. Kini pilihan aroma beraneka yang bisa dipilih ibu hamil.

2. Segera berkumur setelah muntah, agar sisa asam lambung dari perut terbuang dari mulut dengan air hangat atau matang.

3.Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di antara geligi.

4. Batasi konsumsi makanan yang terlalu asam dan manis karena berpotensi merusak gigi.

5. Jangan lupa mengonsumsi makanan mengandung kalsium karena perkembangan gigi janin ditentukan sejak trimester pertama.